Cara Menggunakan dan Membaca Kalkulator Ovulasi

Seberapa Akurat Kalender Masa Subur? (Dean Drobot/Shutterstock)

Merencanakan kehamilan harus memperhatikan banyak hal, salah satunya menghitung kapan masa ovulasi berlangsung. Tentu saja banyak yang merasa kesulitan jika harus melakukan perhitungan secara manual, sehingga penggunaan alat bantu perhitungan berupa kalkulator ovulasi biasanya digunakan oleh sebagian besar wanita yang sedang dalam tahap perencanaan kehamilan tersebut. Akan tetapi sering kali banyak juga yang merasa kebingunan menggunakan serta menerjemahkan hasil perhitungan kalkulator ini. Bagi yang memiliki kesulitan dalam hal tersebut, berikut ini beberapa informasi penting berkaitan dengan cara menggunakan kalkulator ovulasi dan bagaimana menerjemahkan hasil yang diberikan.

Cara Menggunakan Kalkulator Ovulasi

Sebenarnya tidak sulit untuk bisa menggunakan kalkulator yang menghitung tanggal masa subur wanita tersebut. Yang terpenting mengetahui apa saja data yang harus dimasukkan sebagai informasi awal untuk bisa menghitung masa ovulasi secara tepat. Tentunya lebih baik jika mengenali jenis data apa saja yang dibutuhkan dalam hal ini. Supaya tidak bingung, berikut ini beberapa data yang harus disediakan saat akan menggunakan kalkulator ovulasi.

  • Periode Haid

Informasi ini merupakan informasi data periode menstruasi yang dialami oleh seorang wanita pada bulan-bulan sebelumnya. Jadi dengan kata lain alat ini akan memberikan hasil yang akurat jika informasi mengenai periode haid diberikan seakurat mungkin. Jika tidak maka bisa saja perhitungan dan estimasi yang diberikan tidak sama persis.

  • Hari Pertama Menstruasi

Dalam periode haid nantinya akan diminta dua macam informasi, pertama yaitu tanggal dimana terjadi hari pertama menstruasi selama 3 bulan sebelumnya berturut-turut. Tujuannya untuk bisa memastikan siklus periode haid seorang wanita.

  • Hari Terakhir Menstruasi

Bukan hanya mencatatkan hari pertama menstruasi saja, tetapi dibutuhkan informasi yang lebih detil mengenal hari terakhir menstruasi selama 3 bulan sebelumnya berturut-turut juga.

Untuk mendapatkan hasil dari data yang telah diberikan di atas, maka perlu dilakukan perhitungan. Caranya juga tidak sulit, cukup tekan tombol perhitungan yang tersedia, maka sesudahnya informasi akan muncul secara otomatis. Mudah dan cepat pelaksanaannya.

Membaca Hasil Kalkulator Ovulasi

Setelah memahami apa saja data yang dibutuhkan untuk menggunakan kalkulator perhitungan masa ovulasi, maka selanjutnya tentu memahami informasi apa yang diberikan sebagai hasil perhitungan tersebut. Tentu saja ada beberapa informasi yang bisa didapatkan. Supaya lebih jelasnya berikut ini hasil pembacaan dan artinya dari kalkulator untuk perhitungan masa subur wanita tersebut.

  • Tanggal kesuburan, salah satu informasi yang bisa didapatkan yaitu periode masa subur berikutnya bagi seorang wanita. Sehingga dapat dengan mudah mengetahui kapan siklus tubuh memasuki masa yang tepat untuk merencanakan kehamilan.
  • Tanggal haid, informasi yang didapatkan juga berupa siklus menstruasi berikutnya. Sehingga membantu untuk lebih menyiapkan diri bilamana masa tersebut tiba.

Ternyata menggunakan kalkulator ovulasi tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan jika boleh dibilang alat bantu ini memberikan informasi akurat tentang masa subur dan masa ovulasi yang terjadi dalam periode siklus bulanan seorang wanita. Sehingga tentu mempermudah bagi mereka yang sedang merencanakan kehamilan. Baik yang menginginkan anak laki-laki ataupun yang menginginkan anak perempuan. Apabila masih kesulitan untuk memahami dan menggunakan kalkulator tersebut, coba saja menggunakan alat serupa yang ditawarkan oleh situs Klikdokter.com. Selain gratis tidak dipungut biaya sepeserpun, penggunaannya cukup mudah dan juga praktis. Informasi segera tersedia dalam hitungan detik dan dapat digunakan sebagai dasar informasi perencanaan kehamilan secara optimal. Yuk, coba saja dulu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *