Inilah Beberapa Keutamaan Dari Membaca Surat Al Kahfi Pada Hari Jum’at

Tokoh Muslim di India Cetak Al-Qur'an Baru dan Hapus 26 Ayat | Indozone.id
source gambar : indozone.id

Surah Al Kahfi ialah salah satu surah yang terkenal akan keutamaannya, surah ini disunahkan untuk dibaca mulai dari malam Jumat sampai hari Jumat keesokan harinya. Surah Al Kahfi terletak di urutan ke-18 dalam Al-Qur’an yang berisi 110 ayat. Al Kahfi mempunyai arti “Para Penghuni Gua”, termasuk surah Makkiyyah.

Berikut ini beberapa keutamaan Surat Al Kahfi pada hari Jum’at.

1. Diampuni Segala Dosanya

Yang pertama dari keutamaan Surat Al Kahfi yaitu diampuni segala dosa oleh Allah SWT bagi orang yang membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at. “Barang siapa yang membaca Surat Al Kahfi pada hari Jum’at, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jum’at.” (HR. Abu Bakar Bin Mardawaih). Tadi adalah sabda Rasullullah SAW dari Abdullah bin Umar yang isinya.

2. Yang Membaca Akan Disinari Cahaya Antara Ia Dan Ka’bah

Yang kedua yaitu seseorang yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at maka akan dipancarkan cahaya sejauh antara dia dan Ka’bah. Sesuai sabda Rasullullah SAW dari Sahabat Abu Sa’id Al Khudri yang artinya “Barang siapa membaca surah Al Kahfi pada malam Jum’at, maka di pancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dan Baitul Atiq (Ka’bah).” (Sunan Ad Darimu, no.3273. Serta diriwayatkan Al Nasai dan Al Hakim juga disahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Al Targhib Wa Al Targhib, no.736)

3. Dapat Terhindar Dari Fitnah Dajjal

Keutamaan yang ketiga yaitu siapa yang membaca surat Al Kahfi akan terhindar dari fitnah dajal. Tentu saja fitnah dajal sangatlah kejam yang nantinya akan membawa kita kedalam kesesatan serta mendapatkan siksa neraka. Untuk menghindari dari fitnah dajal tersebut bisa dengan membaca surat Al Kahfi.

Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘Anhuma yaitu “Siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancarkan cahaya dari bapaknya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat dan diampuni dosanya antara dua Jum’at.” (HR. Abu Bakar Bin Mardawaih).

Pernyataan tersebut juga diperkuat oleh hadis hadis di bawah ini:

“Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka dajal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami)

“Barangsiapa yang membaca 10 ayat dari permulaan surat Al Kahfi, maka ia dilindungi dari dajal.” (HR Muslim).

“Maka barang siapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman dajal), hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat Al Kahfi.” (HR Muslim).

“Barang siapa di antara kalian yang mendapatinya (dajal), hendaklah dia membacakan ayat-ayat pembuka surah Al Kahfi kepadanya, karena bacaan itu melindungi kalian dari fitnah (dajal tersebut).” (HR Abu Daud)

4. Mengingatkan Pada Hari Kiamat

Keutamaan surat Al Kahfi yang keempat yaitu sebagai pengingat kita manusia akan hari kiamat. Hal ini terdapat dalam surat Al Kahfi ayat 47 yaitu “Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalan kan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.”

5. Dapat Terhindar Dari Gangguan Setan

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam menganjurkan untuk membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at sebagai salah satu cara untuk terhindar dari gangguan setan. Rasulullah SAW bersabda dari Abdullah bin Mughaffal yaitu “Sebuah rumah yang selalu dibacakan surat alkahfi dan surat Al Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut. Dengan demikian, bacalah surat Al Kahfi agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk.” (HR Ibnu Mardawaih).

Sekian artikel mengenai keutamaan dari surat Al Kahfi. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *